Calon Guru Penggerak diskusi memaparkan kegiatan berkaitan proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, kemudian menjelaskan rencana tindak lanjut yang sudah dilakukan sejak pendampingan sesi-4 sebelumnya, sebagai capaian selama satu bulan terakhir dengan menyerahkan hasil observasi pembelajaran guru rekan sejawat.
Calon Guru Penggerak menerapkan aksi nyata modul 3.1 dan menjelaskan proses pembuatan peta sumber daya dan mendiskusikan pengalaman praktik baiknya serta merefleksikan aksi nyata bersama pendamping (pengajar praktik) pada saat pendampingan individu sesi-5. Calon Guru Penggerak mengidentifikasi peta sumberdaya sekolah dan memutuskan untuk memanfaatkan fasilitas IT untuk diberdayakan dalam program pembelajaran berdiferensiasi dan proses pengambilan keputusan ini sudah sesuai dengan prinsip dan langkah yang dipelajari di modul 3.1.
kemudian diskusi menjelaskan tentang perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah masih belum optimal, sehingga belum terasa ada perubahan yang menyenangkan di komunitas praktisi. Rencananya membuat program pembelajaran dengan sentuhan IT dalam komunitas belajar yang sudah di rintis karena dukungan yang diperlukan tersedia dan sangat relevan dengan program belajar Bersama komunitas tersebut.
Diharapkan menerapkan praktik percakapan Coaching sebagai salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam menjalankan perannya sebagai konteks rangkaian supervisi akademik kepada rekan sejawat di sekolahnya. dan Calon Guru Penggerak harus menjalankan prinsip coaching, yaitu kemitraan yang setara, proses kreatif dan memaksimalkan potensi.
Posting Komentar